Pengikut

Kamis, 04 Desember 2014

Langkah – langkah perawatan pc

 
Perawatan pc antara lain meliputi hal-hal berikut.
1.menbersihkan debu dan kotoran yang menempel di permukaan komponen pc.
2.menberikan pelumas ke dalam dinamo kipas.
3.membersihkan debu di dalam casing pc.
4.membersihkan debu pada port-port belakang pc.
5. membersihkan keyboard dan mouse
Untuk melakukan perawatan tesebut di perlukan perangkat khusus pembersih yang biasanya dijual di toko-toko pc. Perngkat tersebut biasanya berisi lap,kuas,dan cairan pembersih. Ada pula penyedot debu mini untuk digunakan membersihkan debu yang menempel pada keyboard, port,atau sela-sela casing. Sayangnya, penyedot debu mini tersebut umumnya menggunakan sumber daya dari USB, sehingga kamu harus menggunakan adaptor AC to USB untuk menggunakan pada saat pc di matikan. Atau gunakannlah penyedot debu mini yang memakai tenaga baterai.
B.        MELAKUKAN PERAWATAN PC
     Sebelum melakukan perawatan pc, hendaknya melakukan beberapa hal berikut terlebih dahulu.
1.      Matikan pc dan monitor
2.      Cabut steker dari jaringan listrik PLN
3.      Diamkan pc selama sekitar 20-30 menit supaya pc menjadi lebih dingin dan listrik yang masih tersimpan didalam komponen electron pc berkurang.
Setelah melakukan  kegiatan hal tersebut , lepaskan semua konektor yang trehubung ke port pc, kemudian bawa pc keluar ruangan untuk dibersihkan debunya. Letakan pc di tempat yang bersih dan kering. Gunakan alas berupa karpet, kardus atau papan sehingga pc tidak langsung menyentuh tanah /lantai.
1.      Membersihkan casing pc
Langkah langkah  untuk membersihkan casing pc adalah sebagai berikut.
a.      Untuk membersihkan casing pc bagian luar, gunakan lap yang halus, bersih, dan kering.
lap debu yang menempel pada badan cesing . jika terdapat noda/kotoran yang susah dilap, celup lap tersebut ke dalam air hangat , lalu bersihkan kotoran tersebut dengan hati hati.
b.      Untuk membersihkan lubang ventilasi casing,gunakan penyedot debu mini.Bersihkan juga bagian dalamnya dengan membuka kipas pada lubang ventilasi (jika ada),kemudian membersihkan debunya dengan kuas atau penyedot debu mini.
c.       Untuk membersihkan port pada belakang casing,gunakan penyedit debu mini.Debu yang menempel pada port dapat menganggu koneksi dan kinerja perangkat yang terhubung ke port tersebut.
2.Membersihkan Monitor
  Membersihkan monitor harus dilakukan dengan hati-hati supaya tidak sampai menggores layar monitor tersebut.Pertama bersihkan dulu badan monitor dengan lap dan air hangat.Keringkan dengan lap lain yang masih bersih dan kering.
Setelah badan monitor bersih,berikutnya adalah membersihkan lubang ventilasi yang biasanya terdapat pada bagian belakang monitor(untuk jenis LCD) atau pada bagian atas dan samping (untuk monitor jenis CRT).Gunakan penyedot debu mini untuk menyedot debu-debu yang menempel pada lubang ventilasi tersebut.
Bagian terakhir yang harus dibersihkan adalah layar monitor.Gunakan cairan pembersih khusus dan lap halus yang kering.Lakukan dengan hati-hati supaya tidak menggores permukaan layar monitor.
3.Membersihkan Keyboard
    Keyboard merupakan salah satu tempat bersarangnya kuman,kotoran,dan debu.Debu yang berkumpul di bawah tuts keyboard akan semakin sulit dibersihkan jika sudah menebal.Oleh karena itu,keyboard harus sering dibersihkan secara berkala supaya tetap nyaman digunakan dan tidak menjadi sanrang penyakit.
   Gunakan penyedot debu mini untuk menghisap debu-debu yang terdapat disela-sela tuts keyboard.Jika terdapat kotoran lengket yang telah mongering pada permukaan tuts,bersihkan dengan memakai air hangat atau alcohol.Jangan dibersihkan dengan deterjen karena busanya dapat merembes ke sela-sela tuts.
4.Membersihkan Mouse
   Terdapat dua jenis mouse yang umum digunakan,yaitu mouse bola dan mouse optic.Mouse bola lebih rentan terhadap debu dan kotoran sehingga harus sering dibersihkan.Jika t8idak,maka pointer mouse akan menjadi sulit untuk digerakkan atau malah bergerak tidak karuan.Langkah-langkah membersihkan mouse bola adalah sebagai berikut.
a.       Bersihkan badan mouse dan kabelnya dengan kain lap yang dibasahi air hangat.
b.      Keluarkan bola dengan membuka penutupnya
c.       Cuci bola tersebut dengan air hangat dan deterjen
d.      Bersihkan roller dengan menggunakan cotto bud yang ditetesi alkokol
e.      Keringkan bola mouse dan pasang kembali pada tempatnya.
  Untuk mouse optic,langkah-langkah perawatannya adalah sebagai berikut.
a.       Bersihkan badan mouse dan kabelnya dengan kain lap yang dibasahi air hangat
b.      Bersihkan lubang optic dengan cotton bud dan alcohol
5.Membersihkan Pendingin Prosesor
 Pendingin prosesor lama-kelamaan akan berdebu karena menggunakan kipas untuk menyalurkan udara ke sirip pendingin.Oleh karena itu,perlu dibersihkan secara berkala supaya kinerja pendinginnya tetap bagus.Gunakan penyedot debu mini dan kuas untuk membersihkannya.Bila perlu,ganti pasta thermal yang menempel di antara prosesor dan sirip pendingin dengan kuas yang baru.
6.Membersihkan kartu Add-ons [NIC Card,Modem,Sound card,dsb]
  Kartu add-ons juga perlu dibersihkan supaya kinerjanya tetap bagus.Cabut kartu tersebut secara hati-hati dari slotnya.Kemudian,bersihkan bagian logam konektornya dengan lap kering.Jangan gunakan air karena bias menyebabkan korosi.Gunakan penyedot debu mini untuk membersihkan debu yang menempel pada sela-sela komponen.
7.Membersihkan Printer
  Membersihkan printer hamper sama seperti memberishkan monitor atau casing.Lap badan printer dengan lap yang dibasahi air hangat.Lalu sedot debu yang menempel pada prot koneksi dan bagian dalam printer.
8.Membersihkan Lensa Drive Optik
  Drive optic seperti CD-Rom atau DVD writer menggunakan lensa optic untuk melakukan pembacaan dari kepingan disc.Jika lensa tersebut terkena debu atau kotoran,maka hasil pembacaan menjadi tidak akurant atau error.Oleh karena itu perlu dilakukan perawatan menggunakan perangkat khusus pembersih lensa drive optic,biasanya disebut dengan”Lens Cleaner Kit”.
   Pembersih lensa drive optic  tersebut berupa kepingan disc yang dilengkapi dengan bulu halus.Cara menggunakannya mudah,cukup masukkan ke dalam drive optic,kemudian biarkan berputar sejenak atau ikuti menu yang muncul di layar monitor.
C.Perawatan PC Menggunakan Software
   Ada beberapa peripheral yang mengharuskan perawatan melalui software,misalnya hardisk dan printer.Hardisk misalnya,perlu dilakukan scandisk dan defragmentasi secara berkala supaya system operasi tetap sehat dan stabil.
1.       Scandisk
Scandisk merupakan tool utility bawaan Windows yang digunakan untuk memeriksa kondisi fisik disket/hardisk dan memperbaiki bad sector.Scandisk memeriksa setiap sector yang terdapat pada disket/hardisk dan memastikan setiap sector tersusun dengan baik.Jika tidak bias diperbaiki,maka sector tersebut ditandai sebagai bad sector dan tidak akan digunakan untuk menyimpan file.
        Untuk menjalankan scandisk,klik kanan partisi yang akan diproses,kemudian klik Properties.Pada tab Tools,klik Check now.
Akan muuncul kotak dialog scandisk seperti pada gambar 9.19.Beri tanda ceklis pada opsi yang tersedia,kemudian klik Start.Proses scandisk akan segera dimulai,ditandai dengan progress bar dan keterangan proses yang sedang dilakukan.Bila ternyata muncul pesan”The disk check could not be performed because the disk check utility needs exclusive acces to some windows files on the disk.These files can be accesed only by restarting Windows.Do you want to schedule the disk to occur the next time you restar the computer?”,klik Yes,sehingga proses scandisk akan dilaksanankan setelah computer restart.
2.Disk Defragmenter
  Disk defragmenter merupakan salah satu tool utility bawaan Windows yang berfungsi untuk merapikan susunan file pada hardsik.Dengan melakukan defragmentasi,susunan file pada hardisk menjadi lebih rapat dan efisien.Disk Defragmenter dapat dijalankan dengan klik Start->All programs->Accessories->System Tools->Disk Defragmenter.
  Setelah muncul jendela Disk Defragmenter,klik partisi hardisk yang akan diproses,kemudian klik tombol Analyze.Jika muncul pesan “You don’t need to defragment this volume”,berarti kamu tidak perlu mendefragmentasi partisi tersebut.Klik tombo Defragment untuk memulai proses.Partisi yang terdefragmentasi terlihat memiliki banyak garis merah.Satu-satu garis merah tersebut akan hilang seiring berjalannya proses defragmentasi.Jika garis merahnya sudah hilang atau tersisa sedikit,maka proses defragmentasi selesai.Proses defragmentasi umumnya memakan waktu cukup lama,oleh karena itu,lebih baik kamu lakukan pada saat computer tidak digunakan untuk bekerja,misalnya pada dini hari.Kamu bias menyetelnya secara otomatis menggunakan fitur scheduler pada windows.
3.Perawatan Printer Menggunakan Software
  Produsen printer tinta atau laser biasanya menyertakan fitur perawatan pada perangkat lunak uuntuk printernya.Perawtan tersebut antara lain sebagai berikut.
a.       Cleaning dan deep cleaning,untuk membersihkan head printer dari sisa-sisa tinta yang menumpuk dan mongering pada head.Deep cleaning membersihkan lebih bersih dari pada Cleaning.
b.      Print Head aligenment,untuk memperbaiki posisi head printer.Posisi head tersebut kadang menyimpang sehingga hasil cetakan menjadi miring atau jelek kualitasnya.
c.       Nozzle check,untuk memeriksa pola yang dihasilkan oleh printer.
d.      Bottom plate cleaning,untuk membersihkan baki bawah supaya kertas tidak belepotan pada saat mencetak.
e.      Roller cleaning,untuk membersihkan roler supaya proses pengambilan kertas lebih lancer dan halus.
D.Memeriksa Hasil Perawatan PC
 Hasil perawatan PC tentunya harus diperiksa,jangan sampai setelah dilakukan perawatan terjadi masalah dengan PCnya.
1.Memeriksa Suhu
PC yang dibersihkan dari debu memilki sirkulasi udara yang lebih baik sehingga peripheral dalam casing lebih dingin.Cara memeriksa suhu peripheral bias melalui BIOS ataupun perangkat lunak khusus yang disertakan beserta peripheral tersebut.Suhu yang ditunjukkan oleh perangkat lunak tersebut seharusnya lebih rendah daripada kondisi sebelum dilakukan perawatan.Jika ternyata suhunya naik,berarti ada yang tidak beres.
2.Print Test Page
Print test page berguna untuk memeriksa hasil pencetakan oleh printer.Jika kertas tergulung dan keluar dengan lancar dan hasil cetakannya bagus,berarti tidak ada masalah dengan printer tersebut.Print test page dapat diakses dengan klik Start->Printer and faxes,lalu klik kanan ikon printernya,kemudian klik Properties.Tombol Print Test Page biasanya terdapat pada tab General

Tidak ada komentar:

Posting Komentar